PENGARUH CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

1. Pengertian Cara Belajar
Cara belajar pada dasarnya merupakan satu cara atau strategi belajar
yang diterapkan siswa, hal ini sesuai dengan pendapat The Liang Gie
yang mengemukakan bahwa ”cara belajar adalah rangkaian
kegiatan yang dilaksanakan dalam usaha belajarnya”. Hamalik
secara lebih jelas mengemukakan bahwa “cara belajar adalah kegiatankegiatan
yang dilaksanakan sesuai dengan situasi belajarnya, misalnya
kegiatan-kegiatan dalam mengikuti pelajaran, menghadapi ulangan/ ujian
dan sebagainya”.
Dari pendapat-pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa cara
belajar siswa adalah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan siswa pada situasi
belajar tertentu, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan pencerminan usaha
belajar yang dilakukannya.
2. Aspek-aspek Cara Belajar
Aspek-aspek yang diteliti dalam cara belajar menurut Thabarany
adalah:
(1) Persiapan belajar Siswa
Pada hakekatnya setiap pekerjaan yang akan dilakukan harus
dipersiapkan terlebih dahulu.Dengan persiapan sebaik-baiknya maka
kegiatan/pekerjaan akan dapat dilaksanakan dengan baik sehingga
akan memperoleh keberhasilan. Demikian pula halnya dengan belajar,
beberapa persiapan yang perlu dilakukan dalam belajar menurut
Thabrany  adalah:
a. Persiapan mental
Persiapan mental yang dimaksud adalah bahwa tekad untuk belajar
benar-benar sudah siap. Menurut Gie  “persiapan mental
merupakan upaya menumbuhkan sikap mental yang diperlukan
dalam belajar”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa persiapan mental
yang perlu dilakukan adalah:
1. Memahami arti/ tujuan belajar
2. Kepercayaan pada diri sendiri
3. Keuletan
4. Minat terhadap pelajaran
b. Persiapan sarana
Thabrany  mengemukakan”sarana yang dibutuhkan
dalam belajar yaitu ruang belajar dan perlengkapan belajar”
1. Ruang Belajar
Menurut Thabrany  “ Ruang belajar mempunyai
peranan yang cukup besar dalam menentukan hasil belajar
seseorang”. Persyaratan yang diperlukan untuk ruang belajar
adalah: bebas dari gangguan, sirkulasi dan suhu udara yang
baik, penerangan yang memadai.
2. Perlengkapan belajar
Thabrany  menjelaskan “ perlengkapan belajar yang
perlu disiapkan dalam belajar adalah:
a. Perabot belajar seperti meja, kursi, dan rak buku
b. Buku pelajaran
c. Buku catatan
d. Alat-alat tulis
(2) Cara mengikuti pelajaran
Langkah-langkah dalam mengikuti pelajaran yang perlu dilakukan
adalah melakukan persiapan-persiapan dengan mempelajari materimateri
yang akan dibahas dan meninjau kembali materi sebelumnya,
bersikap afektif selama kegiatan belajar sampai KBM berakhir.
Menurut Hamalik langkah-langkah/cara mengikuti pelajaran
yang baik adalah:
1. Persiapan, yang harus dilakukan adalah mempelajari bahan
pelajaran yang sebelumnya diajarkan, mempelajari bahan yang
akan dibahas dan merumuskan pertanyaan tentang materi/ bahan
pelajaran yang belum dipahami.
2. Aktivitas selama mengikuti pelajaran, hal yang perlu diperhatikan
selama mengikuti pelajaran antara lain kehadiran, konsentrasi,
catatan pelajaran, dan partisipasi terhadap belajar.
3. Memantapkan hasil belajar, Suryabrata  mengemukakan
bahwa “untuk memantapkan hasil belajar maka harus membaca
kembali catatan pelajaran”
(3) Aktivitas belajar mandiri
Bentuk aktivitas belajar mandiri yang dilakukan siswa dapat berupa
kegiatan-kegiatan belajar yang dilakukan sendiri ataupun kegitankegiatan
belajar yang dilakukan sendiri ataupun kegiatan belajar yang
dilakukan secara berkelompok.
1. Aktivitas belajar sendiri
Yang dapat dilakukan berupa, membaca bahan-bahan pelajaran
dari berbagai sumber informasi selain buku-buku pelajaran,
membuat ringkasan bahn-bahan pelajaran yang telah dipelajari,
menghafalkan bahan-bahan pelajaran, mengerjakan latihan soal
dan lain sebagainya.
2. Aktivitas belajar kelompok
Adapun yang dapat dilakukan dalam belajar antara lain,
mendiskusiakn bahan-bahan pelajaran yang belum dimengerti,
membahas penyelesaian soal-soal yang sulit dan saling bertanya
jawab untuk memperdalam penguasaan bahan-bahan pelajaran.
(4) Pola belajar Siswa
Pola belajar adalah cara siswa melaksanakan suatu kegiatan
belajar yaitu bagaimana siswa mengatur dan melaksanakan kegiatankegiatan
belajarnya. Pola belajar siswa menunjukkan apakah siswa
membuat perencanaan belajar, bagaimana mereka melaksanakan dan
menilai kegiatan belajarnya.

(5) Cara siswa mengikuti ujian
Agar mendapatkan hasil yang baik dalam ulangan baik ulangan
harian maupun ulangan semester sebagai modal utama adalah
penguasaan materi-materi pelajaran yang baik. Oleh karena itu sejak
awal siswa harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.
Beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan hasil baik
dalam ulangan adalah:
a. Persiapan menghadapi ulangan; kegiatan belajar untuk menghadapi
ulangan, dan mempelajari/ mengauasai materi ulangan serta
mempersiapkan perlengkapan ulangan seperti alat-alat tulis.
b. Saat ulangan berlangsung; harus benar-benar memahami soal,
tenang, mengerjakan dari hal yang termudah dan meneliti setelah
selesai.
c. Setelah ulangan selesai; Hamalik mengemukakan “yang
perlu dilakukan setelah ulangan berakhir adalah memeriksa
kembali jawaban-jawaban yang dibuat dalam ulangan”.
D. Prestasi Belajar
Prestasi belajar siswa adalah gambaran kemampuan siswa yang diperoleh dari hasil penilaian proses belajar siswa dalam mencapai tujuan pengajaran ”. Sedangkan menurut Kamus bahasa Indonesia
Millenium (2002: 444)”prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai atau
dikerjakan”. Prestasi belajar) adalah prestasi belajar
yang berupa adanya perubahan sikap dan tingkah laku setelah menerima pelajaran
atau setelah mempelajari sesuatu.
Berdasarkan pengertian diatas maka yang dimaksudkan dengan prestasi
belajar adalah hasil belajar/ nilai pelajaran sekolah yang dicapai oleh siswa
berdasarkan kemampuannya/usahanya dalam belajar.
Prestasi belajar merupakan hasil yang telah dicapai dari suatu proses
belajar yang telah dilakukan, sehingga untuk mengetahui sesuatu pekerjaan
berhasil atau tidak diperlukan suatu pengukuran. “Pengukuran adalah proses
penentuan luas/ kuantitas sesuatu” .
E. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Cara Belajar
Belajar dan cara belajar memiliki faktor-faktor yang dapat
mempengaruhinya. Belajar sebagai proses atau aktivitas yang diisyaratkan oleh
banyak sekali hal-hal atau faktor-faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari
dalam maupun luar siswa tersebut.
Menurut Suryabrata(2002:233) adapun faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap cara belajar adalah:

Faktor dari dalam diri siswa meliputi:
(1) Faktor psikis yaitu: IQ, kemampuan belajar, motivasi belajar, sikap dan
perasaan , minat dan kondisi akibat keadaan sosiokultural.
(2) Faktor fisiologis dibedakan menjadi 2 yaitu: 1). Keadaan tonus jasmani
pada umumnya, hal tersebut melatarbelakangi aktivitas belajar, keadaan
jasmani yang segar akan lain pengaruhnya dengan keadaan jasmani
yang kurang segar, 2). Keadaan fungsi-fungsi fisiologis tertentu.
Faktor dari luar diri siswa:
(1) Faktor pengatur belajar mengajar di sekolah yaitu kurikulum pengajaran,
disiplin sekolah, fasilitas belajar, pengelompokan siswa
(2) Faktor-faktor sosial di sekolah yaitu sistem sekolah, status sosial siswa,
interaksi guru dengan siswa.
(3) Faktor situasional yaitu keadaan sosial ekonomi, keadaan waktu dan
tempat, dan lingkungan.

G. Pengaruh Cara belajar Terhadap Prestasi Belajar
Cara belajar pada dasarnya merupakan satu cara atau strategi belajar yang
diterapkan siswa sebagai usaha belajarnya dalam rangka mencapai prestasi yang
diinginkan. Penilaian baik buruknya usaha yang dilakukan akan tergambar dalam
bentuk prestasi. Usaha atau cara belajar seseorang akan terlihat dari prestasi yang
diperoleh oleh siswa tersebut. Sehingga prestasi belajar yang baik juga
dipengaruhi oleh cara belajar yang baik pula.Sedangkan Slameto
berpendapat bahwa”Banyak siswa dan atau mahasiswa gagal atau tidak mendapat
hasil yang baik dalam belajar karena tidak mengetahui cara-cara belajar yang
efektif”. Semakin baik siswa dalam mengetahui cara belajar yang baik maka kan
baik pula prestasinya.
Pendapat lain juga dikemukakan oleh Hamalik  yang
mengemukakan “cara dan kebiasaan belajar yang tepat akan menentukan hasil
yang memuaskan, sebaliknya cara belajar yang buruk akan memberikan hasil
yang kurang memuaskan”.
Dengan memiliki cara belajar yang baik nanti akan terasa bahwa setiap
usaha belajar selalu memberikan hasil yang sangat memuaskan, ilmu yang
dipelajari dapat dikuasai sehingga ujian dapat dilakukan dengan berhasil. Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan secara teoritis bahwa Ada Pengaruh Cara
Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa.source

0 komentar:

Post a Comment

Created By EXPLAINER™ _ No body perfect in this world, but we can learn and learn to be perfect (Ahmad Mubayin) A good name is better than riches (EXPLAINER) We are not the best, but we are better best. Don't stop your study before get succes. When there is a will there is away. Let your conscience be your guide. A confess in fault is a gentle and respectable. A friend in need is a friend in deed. When you change the way look at things, the things you lookat change